Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Musi Banyuasin

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Musi Banyuasin . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Tumang mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke berbagai pasar. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain tetapi kini telah beralih ke kerajinan tembaga buat kebutuhan eksterior hotel, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dg meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website sangat membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke semarang. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tual.

Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dapat memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam sangat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dapat menerima harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan harus inovatif & harus menyesuaikan keinginan prospek. Saat ini AA Gallery nggak sekedar menerima permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah namun telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekedar satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari batu. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk membuat kerajinan kuningan yg bermutu & sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting customer terpuaskan.